Rabu, 04 Januari 2017

Review Jurnal



Review Jurnal
Nama   : Yunithalia Windia Astari
Kelas   : 2PA10
NPM   : 17515357

Tentang Jurnal         
Judul            :Pengaruh Penggunaan Internet Sebagai Salah Satu Sumber Belajar Terhadap        Prestasi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Kanjuruhan (Modernisasi, Volume 6, Nomor 2)
Tahun terbit     : 2010
Penulis             : Rusno

Latar Belakang
Perkembangan teknologi komputer dan telekomunikasi sudah sedemikian cepat sehingga merasuk dalam kehidupan manusia sehari-hari. Pada abad ke-21, komputer menjadi suatu media yang sangat konvensional di dunia, terlebih dengan teknologi lain yang telah ditanamkan di dalamnya yaitu jaringan komputer. Disadari betul bahwa perkembangan tekonologi yang disebut internet, telah mengubah pola interaksi masyarakat. Hadirnya internet telah menunjang efektifitas dan efisiensi operasional perusahaan, terutama perannya sebagai sarana komunikasi, publikasi, serta sarana untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh sebuah badanusaha dan bentuk badan usaha atau lembaga lainnya.
Dalam upaya meningkatkan proses pendidikan di tanah air dan menyambut berkembangnya teknologi komunikasi di abad milenium ini, ilmu mendapat penghargaan sangat tinggi. Melalui media internet, ilmu dapat disebarluaskan secara cepat, murah dan handal. Demikian pula halnya dengan mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang, bahwa Penggunaan internet bukan hal yang asing lagi, mereka b isa mengakses internet di area Hodsport yang disediakan kampus, bisa menggunakan fasilitas laboratorium internet bagi yang belum memiliki komputer pribadi, atau mereka bisa mengakses dari tempat tinggalnya bagi yang menggunakan modem.
Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian secara lebih mendalam tentang penggunaan internet oleh mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang, apakah sebagai sumber belajar atau lebih banyak digunakan sebagai media hiburan. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk : 1) Mengetahui penggunaan internet sebagai sumber belajar bagi mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang. 2) Mengetahui Pengaruh penggunaan internet terhadap prestasi belajar bagi mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang.

Metode Penelitian
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, eksplanatori research. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang angkatan 2007 s/d 2010 sebanyak 387 mahasiswa. Sample yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 25% dari jumlah populasi dengan teknik proportional random sampling.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) Metode Angket atau Kuesioner, ini digunakan untuk mengumpulkan data tentang penggunaan internet oleh mahasiswa. Sebelum digunakan untuk pengambilan data terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. 2) Metode Dokumentasi, ini digunakan untuk mengumpulkan data tentang prestasi mahasiswa, hal ini dilakukan dengan meminta kesediaan mahasiswa yang digunakan sebagai sampel untuk memberikan foto copi KHS 3 semester terakhir.
Analisis Data terlebih dahulu melakukan uji asumsi klasik yang terdiri dari a) Uji normalitas dan b) Uji Heteroskedastisitas. Untuk selanjutnya baru dilakukan analisa regresi linier sederhana dengan rumus :  Y = a+Bx

Hasil Penelitian
Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana dapat diketahui bahwa penggunaan internet mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang. Hal tersebut dapat dilihat pada R square 10,4 %. Dari apa yang ditemukan walaupun penggunaan internet tidak memberikan kontribusi yang besar terhadap prestasi belajar mahasiswa. Hal ini dikarenakan dosen belum mengharuskan pencarian data tugas melalui internet, mahasiswa bisa mencari data melalui media lain yang mendukung. Selain itu mahasiswa sebagian mengunakan internet sebagai media hiburan dikarenakan fasilitas internet yang menyediakan ribuan sumber informasi untuk menyalurkan hoby. Hoby berhubungan dengan kreatifitas yang bersifat kesenangan seseorang.

Kesimpulan
Mahasiswa Pendidikan Ekonomi telah menggunakan Internet sebagai media Pendidikan efektif dan efisien serta sebagai media belajar mandiri, terdapat pengaruh penggunaan internet sebagai salah satu sumber belajar terhadap prestasi mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar