Senin, 23 Oktober 2017

Keberbakatan


PENGERTIAN KEBERBAKATAN


Image result for anak berbakat    Menurut Clark (dalam Semiawan, 1997) pada hakikatnya keberbakatan adalah konsep yang berakar secara biologis dari orak dan merupakan integrasi yang terakselerasikan dari fungsi otak itu. Hal ini mencakup penginderaan fisik, emosi, kognisi dan intuisi.

      Menurut Terman (dalam Fawzia, 2000) anak berbakat adalah anak yang secara global menguasai semua mata pelajaran dan bahkan berhasil menyelesaikan pendidikan di perguruan tingi pada usia yang sangat muda.

     Menurut Coleman (1985) anak berbakat adalah mereka yang tingkat intelegensinya jauh di atas rata-rata anggota kelompoknya, yaitu IQ = 120 ke atas. 

KARAKTERISTIK ANAK BERBAKAT

1. Karakteristik Fisik
Menurut Hallahan dan Kauffman (1994) anak berbakat cenderung lebih tinggi, lebih berat, lebih kuat, lebih bertenaga, dan lebih sehat daripada anak-anak lain seusianya yang memiliki intelegensi rata-rata. Banyak anak berbakat yang menonjol dalam kemampuan atletik dan beragam macam- macam olahraga. 

2. Karakteristik Sosial dan Emosional
Menurut Hallahan dan Kauffman (1994) anak berbakat cenderung gembira, disenangi oleh teman-temannya, dan menjadi pemimpin sosial di sekolahnya. Mayoritas di atara mereka stabil secara emosional dan kurang rentan terhadap gangguan neurotic dan psikotik daripada anak-anak normal.mereka memiliki minat yang luas dan beragam, serta mempresentasikan diri mereka secara positif.
Menurut Winner (2000) anak berbakat juga cenderung bersifat introvert dan lebih banyak menghabiskan waktu seorang diri.
Penelitian Leta Hollingworth menemukan bahwa anak berbakat dengan IQ 180 atau lebih ternyata terisolasi dari teman-teman sebayanya dan tidak dapat menyesuaikan diri dengan baik saat dewasa.

3. Karakteristik Pendidikan
Anak berbakat cenderung lebih maju daripada anak normal dalam prestasi akademik. Mayoritas   di antara mereka dengan cepat belajar membaca dan lebih menonjol dalam membaca daripada dalam bidang-bidang yang memerlukan ketrampilan manual, seperti menulis dan seni.



DAFTAR PUSTAKA
Basuki, A.M.H. (2005). Kreatifitas, Keberbakatan, Intelektual, dan Faktor-faktor Pendukung dalam Pengembangannya. Depok: Universitas Gunadarma.

Gunarsa, S.D.(2004). Dari Anak Sampai Usia Lanjut. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.

Semiawan, C. (1997). Perspektif Pendidikan Anak Berbakat. Jakarta: PT.Grasindo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar