Selasa, 08 Desember 2015

Contoh Nyata Tanggung Jawab dan Pengabdian

A.   Contoh Tanggung Jawab
1.           Tanggung Jawab Terhadap Diri Sendiri
         Dina seorang pelajar, besok ia akan menghadapi ujian. Tapi dina sama sekali tidak belajar. Sehingga saat ulangan berlangsung dina tidak dapat menjawab soal-soal yang diberikan guru nya. jadi dina harus bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri karena tidak mau belajar saat ada ujian.






                   2.     Tanggung Jawab Terhadap Keluarga
Sebuah keluarga hidup dalam kemiskinan. Seorang ayah merasa sedih karena ke lima orang anak nya tidak mendapatkan kehidupan yang layak, karena sang ayah merasa bertanggung jawab nya terhadap keluarga maka seorang ayah ini mencari pekerjaan demi menghidupi keluarga nya.




                3.     Tanggung Jawab Terhadap Masyarakat
Toni adalah seorang yang sangat pemalas. Suatu ketika diadakan gotong royong di kampungnya, tetapi toni tidak mau berpatisipasi dalam kegiatan itu sehingga ia mendapat teguran dari kepala desa. Setelah diberikan pengertian, akhirnya toni mau ikut bergotong royong karena gotong royong merupakan salah satu tanggung jawab nya terhadap masyarakat.

                4.     Tanggung Jawab Terhadap Bangsa/Negeri
Seseorang aparatur negara rela mengorbankan jiwa dan raga nya terhadap bangsa nya karena merupakan tanggung jawabnya terhadap negara/bangsa.

                5.     Tanggung Jawab Terhadap Tuhan
Setiap manusia wajib melaksanakan kewajiban nya mejalankan agama yang dipercayai nya, karena itu merupakan tanggung jawab dirinya terhadap Tuhan.

B. Contoh Pengabdian

1.   1Pengabdian kepada keluarga
 Seorang anak yang dijodohkan oleh kedua orangtuanya walaupun si anak sebetulnya tidak mau dan ini merupakan pengabdian kepada kedua orangtuanya.

                                  


2.    2. Pengabdian kepada masyarakat
Seorang mahasiswa yang telah lulus, kemudian kembali ke desanya dan berusaha memajukan pertanian di desanya sebagai bentuk pengabdiannya kepada desanya, walaupun tanpa imbalan apapun.



3.     3.Pengabdian kepada Negara
          Dalam usaha merebut kembali Irian Barat dari penjajah Belanda, banyak pemuda yang mendaftarkan diri menjadi sukarelawan.

4.    4. Pengabdian kepada Tuhan
Umat Islam melaksanakan shalat lima waktu dalam sehari, melakukan zakat, melaksanakan kurban dan sebagainya, itu semua tidak lain adalah untuk pengabdian kepada Tuhan  yang Maha Esa.





 Sumber:
https://www.academia.edu/3635945/Manusia_dan_Tanggung_Jawab_Serta_Pengabdian
http://jiwareformasi.blogspot.co.id/2012/06/macam-macam-tanggung-jawab.html
https://satyaariyono.wordpress.com/2012/06/12/macam-macam-bentuk-pengabdian/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar