Senin, 18 Juli 2016

Repost Artikel "5 Tes Kesehatan yang Perlu Dilakukan Wanita di Usia 20-an"

Jakarta - Banyak wanita di usia 20-an yang merasa tidak punya masalah kesehatan. Mereka pun menganggap hidupnya masih lama sehingga kurang mempedulikan problema dalam tubuhnya. Meski begitu, bukan berarti wanita muda tidak memerlukan tes kesehatan. Untuk memastikan dirinya baik-baik saja dan mengantisipasi penyakit serius, inilah lima pemeriksaan kesehatan yang perlu dilakukan:

Pap Smear
Meski masih muda, pemeriksaan terhadap rahim dan alat kelamin perlu dilakukan. Pap smear ini pun dilakukan untuk mendeteksi adanya kemungkinan kanker serviks atau ketidaknormalan pada rahim. Dilansir Cosmpolitan, Anda perlu melakukannya enam bulan sebelum ulangtahun ke 25. Setelah itu, Anda hanya perlu pap smear setiap tiga tahun sekali hingga berusia 50 tahun.
Untuk Anda yang ingin melakukannya, daftarlah pada dokter atau klinik terpercaya dua minggu setelah menstruasi terakhir. Dengan begitu, dokter bisa mengambil sample yang terbaik.


Tes Mata
Kondisi mata Anda bisa berubah seiring berjalannya waktu. Walau tidak punya masalah besar pada penglihatan, tes mata juga perlu dilakukan apalagi jika Anda bekerja dengan laptop seharian. Terlebih generasi sekarang banyak dimanjakan dengan alat elektronik, seperti handphone, televisi, atau tablet yang dapat merusak mata. Lakukan tes mata terutama ketika Anda merasa pandangan lebih kabur, pusing, atau nyeri di bagian mata.

Tes STI
Untuk Anda yang sudah aktif secara seksual dan ingin memeriksakan kesehatan secara mendalam, bisa melakukan tes penyakit seksual menular atau STI. Meskipun tidak merasakan gejala-gejala aneh pada alat kelamin, bukan berarti Anda tidak teridap. Untuk itu, penting memeriksakannya untuk mengetahui apakah teridap penyakit-penyakit seperti klamidia, gonorea, hepatitis, hingga HIV.

Pemeriksaan Gigi
Jika tidak mengalami masalah, kesehatan gigi kerap kurang diperhatikan. Untuk memperbaiki dan mencegah kerusakan, sebaiknya mulailah rutin periksakan gigi di usia 20-an. Disarankan untuk melakukannya tiga bulan atau enam bulan sekali. Bila gigi tidak bermasalah, Anda bisa tes gigi setahun sekali.

Tes Payudara
Menurut Cancer Research UK, Anda seharusnya memeriksakan payudara setiap bulan bahkan setiap hari. Untuk tes ini, Anda memang tidak perlu pergi ke dokter dan bisa melakukannya sendiri. Hal ini perlu diterapkan secara rutin walau masih muda karena kanker payudara juga berkembang wanita di usia 20-an.Beberapa gejala yang bisa menandainya, yakni adanya lubang seperti lesung, puting yang berdarah, dan gumpalan di sekitar payudara dan ketiak. 
Oleh : Rahmi Anjani 

Tanggapan :
Memeriksakan kesehatan secara rutin sangat diperlukan, melalui artikel ini kita dapat mengetahui tes kesehatan apa yang perlu dilakukan wanita usia 20 tahunan. Wanita yang berumur 20 tahunan biasanya menganggap hidupnya masih lama sehingga mengabaikan kesehatan tubuhnya. Seharusnya wanita-wanita sekarang sadar akan pentignya mencegah dan mengantisipasi penyakit serius sedini mungkin.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar